All posts by hmhknfisum

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2018

Kemajuan teknologi memberikan kita kesempatan untuk hidup secara lebih mudah. Hal tersebut merupakan kemudahan untuk mendapatkan atau juga menyebarkan informasi yang diinginkan. Walaupun belum ke seluruh bagian Indonesia, namun hal-hal berbau kemajuan teknologi tersebut telah tersebar ke hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kini terasa seperti tidak ada batasan dengan orang lain meski mereka berjarak ratusan ribu kilometer dari lokasi seseorang. Hal itu terjadi karena kemajuan di teknologi masa kini. Konsep McLuhan terbukti benar, kini khususnya di Indonesia, banyak sekali manusia yang bergantung pada teknologi dan sangat sulit untuk lepas dari hal-hal seputar teknologi. Bahkan bisa dibilang di era ini bila seseorang tidak menggunakan teknologi-teknologi tersebut, orang tersebut tidak dapat diterima dengan baik di lingkungannya, seperti dalam pekerjaan, beberapa perusahaan memiliki syarat khusus mengenai kemampuan menggunakan berbagai teknologi. Kemajuan teknologi dalam berkomunikasi massa ini telah membawa banyak dampak serta perubahan dalam masyarakat.

Akan tetapi, akankah dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi global yang mendunia hingga ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia tetap pada lingkaran jati diri bangsa yaitu dengan tetap mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia dan kearifan lokal?

Oleh karena itu, kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, dengan bangga mempersembahkan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2018

Tema
Optimalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Indonesia Emas 2045

Sub Tema
a. Nilai sosial dalam perspektif kebangsaan
b. Etos kerja sebagai energi kearifan
c. Perkembangan teknologi global dalam perspektif kebangsaan
d. Aktualisasi nilai Pancasila di era millenial guna mewujudkan masyarakat berkebangsaan
e. Penerapan informasi dan teknologi dalam sektor pariwisata dan SDM guna meningkatkan kualitas masyarakat dan perekonomian
f. Peran pendidikan karakter guna meningkatkan kecintaan terhadap bangsa

Timeline
• 9 Agustus – 5 September 2018 : Tahap Pendaftaran (Pengiriman Abstrak)
• 8 September 2018 : Pengumuman
• 9 – 10 September 2018 : Registrasi Ulang
• 11 – 26 September 2018 : Tahap Semifinal (Pengiriman Full Paper)
• 7 Oktober 2018 : Pengumuman Semifinal
• 8 – 9 Oktober 2018 : Registrasi Ulang
• 13 Oktober 2018 : TM
• 14 Oktober 2018 : Final

Ketentuan lomba dan informasi lebih lanjut
http://bit.ly/pedoman-lktin-2018

Formulir pendaftaran (pengiriman bersama abstrak)
http://bit.ly/formulir-pendaftaran-lktin-2018

Contact Person
Alfian 0857-0774-0221 (SMS/Telp/Whatsapp)
Sastia 0895-3427-89990 (SMS/Telp/Whatsapp)

BEDAH BUKU “KENAPA HARUS NKRI?” 2018

Kegiatan bedah buku tahun 2018 dengan tema “Memupuk Nasionalisme Merajut Keteguhan NKRI” dilaksanakan pada kamis, 26 April 2018 yang bertempat di Aula Ki Hadjar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Dengan mengangkat tema tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan terhadap NKRI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang NKRI terutama dalam wawasan dan informasi dalam buku “mengapa harus NKRI?”. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak mahasiswa untuk berpikir tentang sistem demokrasi yang ada di Indonesia.
Kegiatan Bedah Buku 2018 ini dilaksanakan dalam satu rangkaian acara yang diawali dengan pembukaan Tari yang dibawakan oleh mahasiswa dari UKM STK AK dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua Pelaksana, Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan serta sambutan dan pemukaan acara oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Setelah itu dilanjutkan dengan doa.
Kemudian acara selanjutnya adalah ice breaking sembari menunggu pemateri datang. Setelah pemateri datang acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Bedah Buku yang disampaikan oleh penulis yakni Muhammad Faishol, M.Pd Setelah pemaparan materi dari penulis buku dilanjutkan dengan pemaparan materi pembanding bedah buku yakni M. Mujtaba Habibi, S. Pd., M. AP. Acara selanjutnya yakni sesi tanya jawab dengan membuka kesempatan untuk dua penanya. Acara terakhir yakni penyerahan cindera mata dan penutup.


DIALOG MULTIKULTURAL 2018

BERITA ACARA

KEGIATAN DIALOG MULTIKULTURAL 2018
“Politik Menjerat Kebhinnekaan Bangsa, Pemangsa Agama”

HMJ HKn “Merah Putih” Tahun 2018
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Malang

Rabu, 7 Maret 2018 bertempat di Aula Gedung A3 Universitas Negeri Malang telah dilaksanakan kegiatan Dialog Multikulural dengan tema “Politik Menjerat Kebhinnekaan Bangsa, Pemangsa Agama”.
Kegiatan Dialog Multikultural 2018 ini dilaksanakan dengan menggunakan Sistem berdialog terdiri dari lima kelompok yang terdiri dari perwakilan agama Kristen (IMAKRIS), Kristen Protestan (IKK), Hindu (KMHD), Islam (ASC), satu orang perwakilan dari agama Budha dan dua orang perwakilan dari HMJ HKN sebagai sudut pandang dibidang Hukum. Kegiatan Dialog Multikultural 2018 ini dilaksanakan menggunakan sistem dialog dan dikusi mengenai isu “Politik Menjerat Kebhinnekaan Bangsa, Pemangsa Agama“. Dialog Multikultural mengundang Dosen di jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang Rista Ayu Mawarti, M.Pd sebagai Moderator.

Tujuan diselenggarakannya Dialog Multikultural ini adalah:
1. Mensosialisasikan pentingnya toleransi antar umat beragama.
2. Sebagai forum diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.
3. Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang pluralisme agama dalam kebhinnekaan bangsa
4. Mengajak peserta Dialog Multikultural untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh mengenai permasalahan politik menjerat kebhinnekaan bangsa
5. Membentuk generasi muda yang menjunjung tinggi nilai-nilai beragama dalam kemajemukan bangsa

DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan ini mengangkat tema tersebut untuk memberikan solusi-solusi mengenai isu-isu aktual dalam konteks politik, kebhinnekaan, dan agama. Sebagai warga negara yang baik, mahasiswa khususnya jurusan Hukum dan Kewarganegaraan diharapkan mampu untuk bersifat kritis terhadap isu-isu aktual yang terjadi di Indonesia.

Kendala dalam kegiatan Dialog Multikultural ini adalah :
1. Kurangnya komunikasi antara sie acara dengan sie humas yang menyebabkan keterlambatan dalam perihal surat.
2. Kurangnya proses Loading oleh sie perlengkapan sehingga mengalami kesulitan dalam penataan ruang.

ENGLISH DIALOGUE COMPETITION 2018

BERITA ACARA

KEGIATAN ENGLISH DIALOGUE COMPETITION 2018
“DARE TO SPEAK WITH A BRILLIANT OPINION”

HMJ HKn “Merah Putih” Tahun 2018
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Malang

Pada Selasa, 20 Februari 2018 bertempat di Pusat Pengkajian Pancasila Universitas Negeri Malang, telah dilaksanakan Kegiatan English Dialogue Competition 2018
Dengan tema “DARE TO SPEAK WITH A BRILLIANT OPINION”

Tujuan diselenggarakannya English Dialogue Competition 2018 ini adalah:
1. Memberikan solusi-solusi mengenai isu-isu aktual dalam konteks kewarganegaraan.
2. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pada mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.
3. Sebagai forum diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.
4. Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang isu-isu aktual dalam konteks kewarganegaraan.
5. Mengajak peserta Dialog Bahasa Inggris 2018 untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh mengenai isu-isu aktual dalam konteks kewarganegaraan.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut:
1. Kegiatan English Dialogue Competition ini dilaksanakan dalam satu rangkaian acara yang diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.
2. Dilanjutkan dengan acara inti yakni pelaksanaan Dialog Bahasa Inggris yang terbagi menjadi tiga sesi.
3. Pertama, sesi penyisihan yang terdiri dari empat pertandingan yang masing-masing terdiri dari dua tim. Kedua, sesi semi final yang terdiri dari dua pertandingan masing-masing terdiri dari dua tim. Ketiga, sesi final yang mempertandingkan dua tim untuk mencari pemenang utama.
4. Pemenang terdiri dari dua kategori yaitu kategori best team dan best speaker 1,2 dan 3. Best team diraih oleh tim dari offering B angkatan 2016 dan best speaker 1, Era Dwika Anggraini offering B 2016,best speaker 2 Novi Devinta offering A 2016 dan best speaker 3 Vicky Aulia Artsari Putri offering B 2016.

Kendala dalam kegiatan English Dialogue Competition ini adalah :
1. Kurangnya komunikasi antara sie acara dengan MC sehingga urutan sambutan dan pembukaan acara terbalik.
2. Tempat acara yang kurang memadai sehingga mengalami kesulitan dalam penataan ruang.

Continue reading

UNDANGAN SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER UNTUK PEMAKALAH

https://drive.google.com/open?id=1Q9GEEjtHdmPZ9ypgtdC5G2ysyPvXStio
https://drive.google.com/open?id=17Ta-b47urlAmjXxvLXFTNfvaRAL-S0Id
https://drive.google.com/open?id=1wKwt6kKldc6Kom4db8XysPocWNmmcQyj

1. (Undangan Pemakalah Call For Paper)
2. (Lampiran Undangan Pemakalah Call For Paper)
3. (Undangan untuk semua pemakalah, mohon didownload dan diextarct )

COPY LINK AND OPEN IN NEW TAB , download document!
Jangan Lupa Download Semua-

BERITA ACARA DIESNATALIS HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN 2017

BERITA ACARA
PEKAN SENI JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN KE-54

Kegiatan Pekan Seni dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2017 yang bertempat di halaman Lobi gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Persiapan kegiatan Pekan Seni dilakukan oleh segenap panitia pada pukul 17.30 WIB diantaranya adalah mendekorasi panggung, membuat tumpeng, memasang sound system dan cek sound.
Kegiatan Pekan Seni dimulai pukul 18.30 WIB dengan diawali oleh MC (Hepi dan Irawan). Setelah MC memulai kegiatan Pekan Seni, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh dirigen (Vidia). Acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua pelaksana (Firdaus), dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan Pekan Seni ini diharapkan akan menjadi sarana untuk membangun keakraban antara mahasiswa FIS, khususnya HKn. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari ketua umum HMJ HKn (Lilya), dalam sambutannya ia berharap kedepannya akan lebih baik lagi dan mendoakan agar kegiatan Pekan Seni pada hari itu akan berjalan dengan lancar. Kemudian sambutan terakhir sekaligus membuka kegiatan Pekan Seni yaitu ketua jurusan HKn (Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si) dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada HMJ HKn karena telah memasukkan Hari Ulang Tahun HKn kedalam program kerja HMJ HKn dan melaksanakannya dengan baik pada tiap tahunnya. Beliau juga berharap jika perayaan Ulang Tahun HKn yang ke-54 ini dapat menjadi contoh untuk kedepannya agar lebih baik lagi. Kegiatan resmi dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan (Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si) didampingi dengan segenap dosen HKn, ketua umum HMJ HKn dan ketua pelaksana Pekan Seni ke-54 HKn.
Setelah serangkaian kegiatan pembukaan selesai, mulailah beranjak pada kegiatan inti. Kegiatan inti pada acara Pekan Seni tersebut adalah penampilan dari beberapa band dan penampilan tari tradisional dari perwakilan tiap offering angkatan 2017, sebagai berikut :
1. Perwakilan offering B 2017 yang menampilkan tari tradisional yang dibawakan oleh 6 anak perempuan.
2. Band Jurusan (Doa Ibu) yang beranggotakan 4 orang dosen dengan dibantu 1 anggota HMJ. Band Doa Ibu membawakan 3 lagu nasional yang diaransemen.
3. Perwakilan offering D 2017 yang membawakan tari tradisional dengan 2 orang penari perempuan.
4. Band Lokarithme yang beranggotakan 5 orang, mereka membawakan beberapa lagu yang salah satunya adalah ciptaan mereka sendiri.
5. Perwakilan offering C 2017 yang membawakan tari tradisional dengan 1 orang penari laki-laki.
6. Band Drugstore yang beranggotakan 5 orang, mereka membewakan beberapa lagu.
7. Perwakilan offering A 2017 yang membawakan tari tradisional dengan 2 orang penari perempuan.
8. Band Ciuk Crew yang beranggotakan 5 orang, mereka membawakan beberapa lagu.
9. Band Rumah Serem (Band Sastra) yang beranggotakan 5 orang, mereka membawakan beberapa lagu.
Band Sastra sekaligus menutup serangkaian kegiatan pada Pekan Seni ke-54. Kegiaan pekan seni berakhir pada pukul 21.45 WIB. Setelah itu, segenap panitia HMJ HKn membersihkan tempat acara (lobi gedung I1) hingga pukul 23.00 WIB.