Category Archives: KARYA KITA

NASIONALISME, PAHAM APA?

Nasionalisme? Apa nasionalisme itu? Hakikat nasionalisme itu apa? Bagaimana nasionalisme itu muncul? Wujud dari nasionalisme itu seperti apa? Adakah keuntungan mempelajari nasionalisme? Itulah beberapa pertanyaan awal yang muncul di benak penulis mengenai nasionalisme. Banyak orang mengartikan nasionalisme dengan kalimat, nasionalisme adalah rasa cinta terhadap tanah air. Cinta, cinta itu bentuknya seperti apa? Apakah cinta yang dimaksudkan terhadap tanah air itu sama seperti rasa cinta terhadap seseorang. Sehingga ketika muncul perasaan cinta terhadap seseorang, seakan-akan ’dia’ adalah milik dari orang yang mencintai dan akan dibuat sekat-sekat yang membatasi hubungan ’dia’ dengan orang lain dengan nama ”pacar” bukan lagi teman agar tidak terlepas, kemudian dibuatlah aturan-aturan ini itu untuk kelangsungan hubungannya. Apakah seperti itu? Bisa jadi seperti itu, bisa jadi tidak sama sekali.

Continue reading

Biografi Munir

Munir Said Thalib Al-Kathiri (lahir di Malang, Jawa Timur, 8 Desember 1965 – meninggal di Jakarta di dalam pesawat jurusan ke Amsterdam, 7 September 2004 pada umur 38 tahun) adalah pria keturunan Arab yang juga seorang aktivis HAM Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial.

Saat menjabat Dewan Kontras namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu. Ketika itu dia membela para aktivis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar dari Kopassus. Setelah Soeharto jatuh, penculikan itu menjadi alasan pencopotan Danjen Kopassus Prabowo Subianto dan diadilinya para anggota tim Mawar.

Jenazah Munir dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Kota Batu.

Istri Munir, Suciwati, bersama aktivis HAM lainnya terus menuntut pemerintah agar mengungkap kasus pembunuhan ini.

KEMAH BAKTI PENGURUS HMJ HKN “MERAH PUTIH” 2015

KBP 2015

 

 

Hai sobat HKn, apa kabar kalian? Hari ini mimin akan membahas seputar kegiatan baru dari Himpunan Mahasiswa Jurusan HKn “Merah Putih” yaitu Kemah Bakti Pengurus (KBP). Sudah tau belum apa itu Kemah Bakti Pengurus? Hmm.. Belum tau ya? Oke dah, mimin akan menjelaskan apa sih Kemah Bakti Pengurus itu kepada sobat-sobat semuanya.

Cekidot!

Kemah Bakti Pengurus adalah salah satu kegiatan baru dari HMJ HKn “Merah Putih” FIS UM. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa kekeluargaan diantara sesama anggota pengurus HMJ HKn “Merah Putih” dengan berkemah. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari satu malam, tepatnya pada tanggal 10 – 11 Januari 2015 di Bumi Perkemahan Bedengan Kec. Dau Kab. Malang.

Sedikit cerita, mimin dan pengurus HMJ HKn yang lain berangkat dari UM pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.00 pagi. Pagi itu sungguh indah sobat, seindah hati kami pastinya karena kami akan berkemah selama dua hari satu malam bersama kawan-kawan pengurus HMJ HKn 2015. Singkat cerita, sekitar pukul 09.30 pagi kami sampai di tempat perkemahan. Sesampainya di perkemahan kami pun langsung bergegas untuk mendirikan tenda-tenda yang sudah kami bawa untuk kebutuhan kami. Sekitar pukul 10.15 pemasangan tenda pun selesai dan setelah itu kami beristirahat dan akhirnya pada pukul 10.30 diadakan upcara pembukaan Kemah Bakti Pengurus ini.

Continue reading