Category Archives: ADV JARINGAN

GEDUNG TANPA BAYANGAN

1221572no-shadow-tower-vimeo-NBBJ780x390

Bagi beberapa orang, gedung jangkung adalah gambaran masa depan kota yang  mampu menampung sejumlah populasi. Tetapi, sebagian yang lain melihat pencakar langit modern dan menara yang menjulang tinggi sebagai penghalang sinar matahari dan menjadikan kota menjadi gelap.

Sebuah firma arsitektur internasional telah menemukan solusi baru, dengan merancang sepasang menara “tanpa bayangan” di Inggris. Menurut mereka, menara ini akan mengarahkan sinar matahari ke jalan-jalan dan orang yang lewat di bawahnya.

Konsepnya tersebut diresmikan oleh perusahaan NBBJ, yang muncul di tengah-tengah perdebatan adanya peningkatan jumlah gedung-gedung tinggi di Inggris yang semakin pesat. Di London saja, lebih dari 230 menara sedang dalam pembangunan.

Desain baru ini mencakup menara kembar dengan bentuk melengkung dan miring untuk meminimalisasi proyeksi bayangan. Menggunakan algoritma, arsitek memperhitungkan sudut di mana matahari bersinar setiap hari selama satu tahun, dan menerjemahkannya ke dalam desain bangunan.

Meski dirancang memantulkan sinar, menara ini juga diperhitungkan agar meredakan cahaya ke daerah di bawah mereka. Hal ini untuk menghindari terulangnya bencana “Walkie Talkie” London, di 20 Fenchurch Street. Pada tahun 2013, gedung pencakar langit yang berbentuk lebar dan berjuluk “Walkie Scorchie” telah membuat sebuah mobil meleleh.

Sementara menara kembar ini berlokasi di Greenwich, London selatan. Namun pada prinsipnya, konsep bangunan seperti ini dapat diterapkan di mana saja di dunia, kata para peneliti. Idenya sendiri datang dari sebuah tim di NBBJ, yang sebelumnya telah merancang bangunan untuk Amazon, Google, Samsung dan Microsoft.

Menurut direktur desain NBBJ, Christian Coop, proyek ini mengadopsi upaya dalam meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan dan menemukan cara di mana kita dapat memiliki gedung-gedung tinggi tanpa membuat area di bawahnya kehilangan cahaya alami.

“Ini adalah teori “kelayakan yang sempurna”. Jika Anda bisa mengurangi masalah dengan bayangan menara, maka ini menjadi hal yang baik,” kata Kepala Forum New London Architecture (NLA), Peter Murray.

Sementara itu, Dr Philip Oldfield, seorang ahli dalam gedung-gedung tinggi di Departemen  Arsitektur Universitas Nottingham, mengatakan, kebutuhan terhadap proyek ini adalah adanya fokus pada bentuk tinggi bangunan dan bentuk bangunan itu sendiri.

“Gedung ini tidak hanya dibuat untuk terlihat dramatis, tetapi untuk memberikan kontribusi dalam menciptakan ruang yang nyaman di permukaan tanah,” kata Phillip.

Izin perencanaan gedung ini sedang menunggu persetujuan, bersama dengan 236 bangunan bertingkat tinggi baru lainnya di pusat kota London.

 

Sumber: Kompas.com

DEEP WEB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Deep Web juga dikenal dengan nama Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web) di Indonesia dapat disebut sebagai Web Mendalam. Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk kedalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagaibagian kecil dari Deep Web.

Mike Bergman, pendiri BrightPlanet yang memberikan istilah tersebut,[1] mengatakan bahwa mencari di Internet pada saat ini dapat dibandingkan dengan menjaring ikan di permukaan laut: akan mendapatkan banyak ikan yang tertangkap di jaring, tetapi informasi yang sangat dalam tidak akan tertangkap.[2] Kebanyakan dari iformasi yang terdapat di jaringan Internet, terkubur sangat dalam situs yang dinamis, dan mesin pencari web yang standar tdak dapat menemukannya. mesin pencari web yang tradisional tidak dapat “melihat” atau mengambil data di dalam Deep Web. Halaman-halaman tersebut dianggap tidak ada hingga mereka tercipta secara dinamis sebagai hasil dari pencarian secara spesifik. Sejak tahun 2001, Deep Web telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari Web biasa.[3]

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya. Dan juga setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. ada banyak macam topologi seperti topologi ring, star, bus, mesh, dan tree yang akan dibahas di blog belajar komputer ini.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.

topologi jaringan komputer
  • Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
  • Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.

2. Topologi Bus
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.

topologi jaringan komputer
  • Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
  • Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.

3. Topologi Star
Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.

topologi jaringan komputer
  • Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi, .
  • Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.

4. Topologi Mesh
Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.

pengertian topologi jaringan komputer
  • Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
  • Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.

 5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

macam jenis topologi jaringan komputer
  • Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
  • Kekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

Masih ada lagi topologi yang belum saya bahas di atas, tetapi inilah beberapa topologi yang sering digunakan, pilihlah topologi yang sesuai dengan kebutuhan anda dan semoga artikel ini membantu anda, sampai jumpa.