Category Archives: BIDANG BAKAT DAN MINAT

BERITA ACARA DIESNATALIS HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN 2017

BERITA ACARA
PEKAN SENI JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN KE-54

Kegiatan Pekan Seni dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2017 yang bertempat di halaman Lobi gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Persiapan kegiatan Pekan Seni dilakukan oleh segenap panitia pada pukul 17.30 WIB diantaranya adalah mendekorasi panggung, membuat tumpeng, memasang sound system dan cek sound.
Kegiatan Pekan Seni dimulai pukul 18.30 WIB dengan diawali oleh MC (Hepi dan Irawan). Setelah MC memulai kegiatan Pekan Seni, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh dirigen (Vidia). Acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua pelaksana (Firdaus), dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan Pekan Seni ini diharapkan akan menjadi sarana untuk membangun keakraban antara mahasiswa FIS, khususnya HKn. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari ketua umum HMJ HKn (Lilya), dalam sambutannya ia berharap kedepannya akan lebih baik lagi dan mendoakan agar kegiatan Pekan Seni pada hari itu akan berjalan dengan lancar. Kemudian sambutan terakhir sekaligus membuka kegiatan Pekan Seni yaitu ketua jurusan HKn (Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si) dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada HMJ HKn karena telah memasukkan Hari Ulang Tahun HKn kedalam program kerja HMJ HKn dan melaksanakannya dengan baik pada tiap tahunnya. Beliau juga berharap jika perayaan Ulang Tahun HKn yang ke-54 ini dapat menjadi contoh untuk kedepannya agar lebih baik lagi. Kegiatan resmi dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan (Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si) didampingi dengan segenap dosen HKn, ketua umum HMJ HKn dan ketua pelaksana Pekan Seni ke-54 HKn.
Setelah serangkaian kegiatan pembukaan selesai, mulailah beranjak pada kegiatan inti. Kegiatan inti pada acara Pekan Seni tersebut adalah penampilan dari beberapa band dan penampilan tari tradisional dari perwakilan tiap offering angkatan 2017, sebagai berikut :
1. Perwakilan offering B 2017 yang menampilkan tari tradisional yang dibawakan oleh 6 anak perempuan.
2. Band Jurusan (Doa Ibu) yang beranggotakan 4 orang dosen dengan dibantu 1 anggota HMJ. Band Doa Ibu membawakan 3 lagu nasional yang diaransemen.
3. Perwakilan offering D 2017 yang membawakan tari tradisional dengan 2 orang penari perempuan.
4. Band Lokarithme yang beranggotakan 5 orang, mereka membawakan beberapa lagu yang salah satunya adalah ciptaan mereka sendiri.
5. Perwakilan offering C 2017 yang membawakan tari tradisional dengan 1 orang penari laki-laki.
6. Band Drugstore yang beranggotakan 5 orang, mereka membewakan beberapa lagu.
7. Perwakilan offering A 2017 yang membawakan tari tradisional dengan 2 orang penari perempuan.
8. Band Ciuk Crew yang beranggotakan 5 orang, mereka membawakan beberapa lagu.
9. Band Rumah Serem (Band Sastra) yang beranggotakan 5 orang, mereka membawakan beberapa lagu.
Band Sastra sekaligus menutup serangkaian kegiatan pada Pekan Seni ke-54. Kegiaan pekan seni berakhir pada pukul 21.45 WIB. Setelah itu, segenap panitia HMJ HKn membersihkan tempat acara (lobi gedung I1) hingga pukul 23.00 WIB.

PENDAFTARAN HKN EAST JAVA BADMINTON TOURNAMENT 2016

12916106_835233386581985_6808008166316786580_o

Sebagai kegiatan yang menunjang aktivitas non akademik Mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Kami dari segenap Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan “Merah Putih” Fakultas Ilmu Sosial akan mengadakan kegiatan Bulutangkis HKn Open 2016 dengan tema “Melalui Kompetisi Bulutangkis HKn Open 2016, Tingkatkan Prestasi Melalui Jiwa Sportifitas dan Solidaritas Antar Mahasiswa se-Jawa Timur”. Acara Bulutangkis HKn Open 2016 ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan HMJ Hukum dan Kewarganegaraan “MERAH PUTIH” 2016, Universitas Negeri Malang dalam rangka melaksanakan program kerja HMJ Hukum dan Kewarganegaraan “MERAH PUTIH” 2016 Universitas Negeri Malang. Diharapkan kegiatan Bulutangkis HKn Open 2016 ini dapat menambah semangat juang generasi penerus dalam menghadapi persaingan yang semakin berat, serta untuk mempererat semangat kesatuan dan persatuan.

untuk formulir dapat diunduh dibawah ini:

FORMULIR_PENDAFTARAN_EAST_JAVA_BADMINTON_TOURNAMENT[1]

untuk peserta yang sudah melakukan pembayaran via rekening. konfirmasi bukti pembayaran dikirim ke arifinahmad1996@gmail.com dan juga lewat sms. informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia atas nama Arifin (085707973971)

Cara Mudah Menemukan Minat, Bakat dan Passion

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang (termasuk gue) dalam hidup ini adalah susahnya menemukan bakat, minat dan passion. Tapi sebelumnya, apakah penting untuk menemukan bakat, minat dan passion? Kalau menurut gue sih itu penting banget, soalnya dengan bantuan dari bakat, minat dan passion tersebut orang dapat menentukan tujuan hidupnya dan lebih mudah mencapai kesuksesan.
Selain itu dengan menemukan bakat, minat dan passion tersebut, khususnya akan sangat membantu murid SMA untuk menentukan pilihan jurusan kuliah nanti. Tapi sebelum membahas tentang cara menemukan bakat, minat dan passion tersebut, gue akan memberi tahu apa definisinya terlebih dulu:
  • Minat adalah suatu keinginan yang mendorong diri seseorang untuk fokus pada suatu objek.
  • Bakat adalah suatu keahlian alami yang dimiliki seseorang dari lahir.
  • Passion atau gairah adalah suatu dorongan besar yang dapat menciptakan keinginan yang besar untuk melakukan sesuatu.
Oke, sekarang anda udah tau apa arti dari bakat, minat dan passion itu. Sekarang, bagaiman cara menemukannya? Sebenarnya mudah, hanya saja butuh waktu dan harus step by step atau bertahap.

Cara yang akan gue kasih tahu berikut merupakan adalah pengalaman gue sendiri. Anda gak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti tes bakat dan minat, tes sidik jari dsb, karena yang mengetahui minat dan bakat anda adalah diri anda sendiri. Jadi, apa aja yang harus anda lakukan?


1. Mencari Minat
Bagaimana cara menemukan minat? Mudah aja, caranya lakukanlah hal-hal yang anda sukai. Karena sesuai dengan definisinya, minat adalah suatu hal yang ingin kita lakukan tanpa paksaan orang lain. Seperti gue yang dulu senang ngedit foto muka teman biar jadi lucu, main gitar biar keren dan menulis blog supaya bisa memberi inspirasi ke banyak orang.

Akhirnya gue bisa menemukan minat gue yaitu, desain, musik dan blogging. Untuk itu, cobalah berbagai macam kegiatan yang anda sukai, semakin banyak semakin bagus. Dengan melakukan hal tersebut, secara gak sadar anda akan bisa merasakan bakat yang anda miliki.

2. Dari Minat, Munculah Bakat
Dari berbagai kegiatan yang anda lakukan sesuai minat anda, anda bisa secara perlahan merasakan keahlian alami atau bakat anda. Ada yang perlu diingat, kalau bakat itu gak cuman ada satu aja, karena manusia itu adalah mahluk multi talenta, hanya saja dari beberapa bakat yang anda miliki, hanya akan ada satu bakat yang paling dominan atau menonjol dari diri anda.

Jadi carilah bakat-bakat anda yang masih terpendam. Kalau anda belum menemukan bakat anda atau merasa hanya memiliki satu bakat aja, berarti anda masih kurang usaha untuk menemukannya dan kurang rajin untuk berkegiatan lebih banyak. Semakin cepat anda menemukan bakat anda, semakin cepat juga anda dapat mengembangkannya dan menggali potensinya.

3. Merasakan Passion
Nah, anggap saja anda udah dapat menemukan bakat atau keahlian anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah memilih dan merasakan dari salah satu keahlian anda, yang mana yang memiliki passion atau gairah saat anda melakukannya.

Maksudnya bagaimana? Kalau gue analogikan, passion atau hasrat itu bagaikan seperti mengejar wanita yang kita suka, penuh dengan semangat yang menggebu-gebu dan gak kenal lelah. Jadi, rasakanlah saat anda melakukan minat anda dan anda merasa begitu senang, gak kenal lelah dan selalu bersemangat, itulah yang passion.

Jadi menurut gue minat, bakat dan passion itu saling berhubungan, sehingga kalau udah menemukan salah satunya, gak akan susah untuk mencari yang lainnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menemukan minat, bakat dan passion anda?